Posted by Desinta Wp | File under :
Sekilas, penciptaan sebuah nama terasa mudah dan sederhana. Ada jutaan nama di dunia ini yang siap dipilih ketika kita hendak memberi nama sesuatu atau seseorang, anak kita misalnya. Apalagi sekarang ini di toko-toko buku sudah terdapat banyak sekali buku kumpulan nama dari berbagai negara, bahkan beserta artinya sekalian. Jadi apa susahnya? Tinggal pilih, dan pasang hehe..

Sepertinya memang sederhana, tapi entah kenapa setiap kali membuat cerpen aku kerap bingung harus memberi nama apa pada tokohnya. Jadilah aku lebih memilih nama-nama yang pendek dan sekali sebut seperti vien, rhein, re, yoss dll. Lalu terbayang seandainya aku mempunyai anak kelak, kira-kira nama seperti apakah yang bagus dan pantas kuberikan padanya? Aku pengen memberinya nama yang sederhana tapi unik dan tidak pasaran, tapi apa? Wah.. sepertinya bakalan susah nih hehe..

Jujur, dalam hal ini aku sering mengagumi ibu yang menjadi pencipta nama bagi kami semua. Dari semua saudaraku termasuk aku memiliki nama dari buah karya ibuku. Dan menurutku semuanya unik. Selain semuanya diawali huruf D, ada kata yang menunjukkan bulan kelahiran dalam setiap nama kami. Contohnya saja namaku, Desinta menunjukkan bulan Desember. Lalu nama kakakku, ada Okfani-nya menunjukkan bulan Oktober. Berturut-turut kemudian kata Yuli dan Dyahlia untuk menunjukkan bulan Juli. Dan terakhir Apriliansyah untuk bulan April. Semua nama kami terdiri dari tiga kata, dan semuanya mempunyai makna sendiri-sendiri. Seperti namaku yang secara harfiah berarti Desember Bulan Terakhir. Dan kenapa ibu memilih huruf D untuk mengawali nama kami pun ada alasannya. Kata ibu karena D adalah huruf keempat dalam abjad, sama seperti ibuku yang anak keempat.

Wah.. ternyata penciptaan sebuah nama pun ada sejarahnya ya. Bagaimana dengan nama anda? :-)

3 comments:

  1. mencari nama memang sulit...!!

    ReplyDelete
  2. kenapa sinta harus pake De...ga ngeri maksudnya..hehe, pasti ada makna dibalik nama..

    ReplyDelete
  3. @sigit; masa ga tau? justru dari asal kata Desember.. jadi harus pake De :D

    ReplyDelete